Langsung ke konten utama

MATA PELAJARAN SEJARAH SMA BERDASARKAN KURIKULUM 2013

*disusun untuk memenuhi tugas kelompok mata kuliah Kajian Kurikulum Pembelajaran Sejarah PSP Sejarah FKIP ULM TA 2015/2016
BAB I
PENDAHULUAN
A.  Latar Belakang
Mengajarkan sejarah berarti mengajarkan tentang nilai kehidupan. Keunikan ini menyebabkan diperlukannya strategi khusus dalam pembelajaran sejarah. Bukan sekedar menguasai materi, pengajar sejarah juga dituntut untuk menguasai strategi mengajar sejarah. Sebagai proses interaksi dan rekonstruksi pengalaman, pembelajaran sejarah memerlukan kejelian pengajar untuk merancang pembelajaran sesuai dengan kemampuan siswa (Susanto, 2014).
Dalam implementasi pembelajaran sejarah, pengajar atau pendidik telah diatur dalam kurikulum yang menggawangi tujuan dari pembelajaran sejarah itu sendiri. Menurut Heri Susanto (2014), tujuan pembelajaran berhubungan erat dengan tujuan kurikulum pendidikan sejarah, selanjutnya tujuan pembelajaran harus mengacu pada kompetensi dasar yang ingin dicapai dalam pembelajaran. Perubahan kurikulum dari Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) menjadi Kurikulum 2013 tentu membuat strategi mengajar pelajaran sejarah menjadi berbeda.
Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Pelajaran Sejarah hanya diberikan 2 jam pelajaran untuk kelas X  dan 1 jam pelajaran untuk kelas IPA serta 3 jam pelajaran untuk IPS. Hal ini dirasakan kurang karena karakter bangsa dan anak bangsa bisa dibangun dengan sejarah (Priyo, 2016).
Pada perubahan dan implementasi kurikulum 2013 harus diantisipasi dan dipahami oleh berbagai pihak, karena kurikulum sebagai rancangan pembelajaran memiliki kedudukan yang sangat strategis dalam keseluruhan kegiatan pembelajaran, yang akan menentukan proses dan hasil pendidikan. Sekolah sebagai pelaksana pendidikan, baik kepala sekolah, guru maupun peserta didik sangat berkepentingan dan akan terkena dampaknya secara langsung dari setiap perubahan kurikulum (Mulyasa, 2006: 4). Terkait dengan mata pelajaran sejarah yang harus diajarkan di Sekolah Menengah Atas (SMA), begitu pula harus dipahami oleh sekolah dan tenaga pendidik agar pembelajaran sejarah dapat terlaksana dengan baik.
Oleh karena itu, makalah ini akan membahas hal-hal yang terkait dengan implementasi Kurikulum 2013 terhadap mata pelajaran sejarah di SMA.
B.  Rumusan Masalah
Berikut rumusan masalah yang akan dibahas dalam makalah ini sebagai batasan dalam pembahasan bab isi :
1.   Bagaimana implementasi kurikulum 2013 dalam pelaksanaan pembelajaran sejarah di SMA?
2.   Apa saja Model-model dipakai dalam  pembelajaran sejarah SMA berdasarkan kurikulum 2013?
3.   Bagaimana cara menilai pembelajaran sejarah di SMA berdasarkan kurikulum 2013?
C.    Tujuan Penulisan
Berdasarkan rumusan masalah di atas maka tujuan dalam penulisan makalah ini sebagai berikut :
1.   Untuk mengetahui implementasi pelaksanaan kurikulum 2013 dalam pelaksanaan pembelajaran sejarah di SMA.
2.   Untuk mengetahui  model-model yang digunakan pada pembelajaran sejarah SMA berdasarkan kurikulum 2013.
3.   Untuk mengetahui cara menilai pembelajaran sejarah di SMA berdasarkan Kurikulum 2013
D.    Metode Penulisan
Makalah ini ditulis berdasarkan studi pustaka dari sumber-sumber yang relevan dengan judul makalah. Sumber yang kami ambil berasal dari buku-buku, internet, dan jurnal.



BAB  II
PEMBAHASAN

A.    Implementasi Kurikulum 2013 dalam pembelajaran sejarah SMA
Implementasi kurikulum adalah penerapan atau pelaksanaan program kurikulum yang telah dikembangkan dalam tahap sebelumnya, kemudian diujicobakan dengan pelaksanaan dan pengelolaan, sambil senantiasa dilakukan penyesuaian terhadap situasi lapangan, karasteristik peserta didik, baik perkembangan intelektual, emosional, serta fisiknya.
Kurikulum 2013 merupakan kurikulum berbasis kompetensi dan karakter. Kurikulum 2013 bukan merupakan hal yang baru, tapi kurikulum 2013 adalah kurikulum yang merupakan rujukan dari kurikulum sebelumnya yaitu Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) ke Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP).
Jiwa kurikulum 2013 diyakini memiliki posisi yang kokoh untuk mengantar generasi Indonesia sebagai generasi emas pada tahun 2045 mendatang. Oleh karena itu, kurikulum ini disesuaikan dengan batas-batas tertentu yang dapat diharapkan menjadi jawaban atas berbagai tantangan.
Pengembangan Kurikulum 2013 juga menekankan penyempurnaan pola pikir, penguatan tata kelola kurikulum, pendalaman dan perluasan materi, penguatan proses pembelajaran, dan penyesuaian beban belajar agar dapat menjamin kesesuaian antara apa  yang diinginkan dengan apa yang dihasilkan (Anonim, 2013). Oleh karena itu, pendekatan scientific menjadi salah satu perubahan dan komponen penting dalam proses pembelajaran Kurikulum 2013. Dalam proses pembelajaran dengan tahapan-tahapan keilmuan yang jeas dan tersistem.
Tahap-tahap tersebut dimulai dari mengamati, menanya, mencoba, menalar, dan mengembangkan jejaring atau komunikasi. Kelebihan Kurikulum 2013 tahapan-tahapan pendekatan scientific ini tidak hanya ada pada desain Kurikulumnya tetapi juga sampai di depan, karena dalam RPP sudah dirancang untuk melaksanakan tahapan-tahapan tersebut. Dalam konteks mata pelajaran sejarah, pada Kurikulum 2013 di organisasi isi juga terdapat inovasi dan perubahan yang boleh dikatakan spektakuler, yaitu mapel (mata pelajaran) Sejarah Indonesia sebagai mapel wajib untuk sekolah menengah, baik SMA/MA maupun SMK/MAK dan ada mapel Sejarah sebagai salah satu mapel pada peminatan ilmu-ilmu Sosial. Dikatakan spektaluler karena selama ini oleh masyarakat dan juga peserta didik pada umumnya mapel Sejarah itu perupakan pelajaran yang tidak penting dan cenderung menjemukan (Anonim, 2013).
Perubahan dalam kurikulum ini merupakan pembalikan pola pikir. Sejarah Indonesia dijadikan mata pelajaran wajib, sebagai alat pendidikan yang lebih menekankan pada pengembangan perspektif dan nilai-nilai kebangsaan bagi peserta didik. Sementara mapel sejarah pada peminatan sosial berada dalam satu rumpun dengan ekonomi, sosiologi, antropologi, serta geografi, lebih menekankan pada pengembangan keilmuan. Dengan perubahan tersebut menunkukkan bahwa mapel sejarah sebenarnya memiliki posisi yang sangat penting dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
Inovasi penting yang dikembangkan dalam mapel Sejarah Indonesia dan Sejarah adalah kontinuitas pembelajaran antara sejarah nasional dan sejarah lokal. Sejarah nasional menjadi payung untuk mengenal bangsa dan sejarah lokal untuk mengenal masyarakat di sekitarnya serta keduanya merupakan peristiwa yang terkait satu dengan lainnya. Kejadian dalam peristiwa sejarah nasional diikuti dan diperkuat oleh gerak sejarah lokal. Selain itu, melalui pelajaran sejarah, peserta didik diajak untuk melihat keberlanjutan dan perubahan yang terjadi dalam masyarakat dan bangsa yang terkait dengan perkembangan sejarah.
Alokasi waktu yang disediakan berdasarkan data tabel dalam tulisan Prof. Dr. H. S. Hamid, MA (2013 : 22-23), Sejarah Indonesia mendapatkan 2 jam per minggu setiap jenjangnya, baik X, XI, maupun XII. Sedangkan untuk peminatan terdapat sedikit perbedaan, kelas X diberikan waktu 3 jam dan kelas XI dan XII 4 jam per minggunya.
Pelajaran sejarah berdasarkan kurikulum 2013 menjadi tantangan baru bagi guru sejarah, karena siswa diberikan kebebasan untuk memilih materi yang ingin dipelajari. Selain itu, guru sejarah juga akan mengajar dua kali lipat lebih banyak dibandingkan dengan pelajaran lainnya karena pelajaran sejarah sebagai pilihan di semua tingkat kelas.
Desain Pembelajaran Mata Pelajaran Sejarah
Di dalam Kurikulum 2013 yang diterapkan tidak lagi ada istilah Standar Kompetensi Lulusan (SKL), tetapi menggunakan istilah Kompetensi Inti (KI) yang merupakan terjemahan atau operasionalisasi SKL dalam bentuk kualitas yang harus dimiliki siswa setelah menyelesaikan pendidikannya. Kompetensi utama yang harus dimiliki siswa dikelompokkan dalam aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan (afektif, kognitif, dan psikomotor). Kompetensi Inti menggambarkan kualitas yang seimbang antara pencapaian hardskills dan soft skills. Dari KI tersebut dijabarkan kembali dalam Kompetensi Dasar (KD) yang berisi konten atau kompetensi mata pelajaran yang harus dikuasai peserta didik.
KI dirancang dalam empat kelompok yang saling terkait, yatu berkenaan dengan sikap keagamaan (kompetensi inti 1), sikap sosial (kompetensi inti 2), pengetahuan (kompetensi 3), dan penerapan pengetahuan (kompetensi inti 4). Keempat kelompok itu menjadi acuan dari Kompetensi Dasar dan harus dikembangkan dalam setiap peristiwa pembelajaran secara integratif. Kompetensi yang berkenaan dengan sikap keagamaan dan sosial dikembangkan secara tidak langsung (indirect teaching), yaitu pada waktu peserta didik belajar tentang pengetahuan dan penerapan pengetahuan. Kompetensi Inti pada SMA/MA dapat dilihat di Lampiran 1.
Keterkaitan antara KD dari KI 1, KI 2, KI 3, KI 4 adalah bahwa ketika dalam pembelajaran selalu dimulai dari pengetahuan apa yang akan dipelajari. Pengetahuan tersebut berada pada KD dari KI 3 yang berisi tentang materi-materi yang akan dipelajari, melalui materi-materi itulah diharapkan peserta didik memiliki keterampilan yang diharapkan seperti yang menjadi tuntutan pada KD di KI 4. Dengan demikian hubungannya sangat erat antara KD di KI 3 dan KI 4. KD dari KI 4 hanya bisa dicapai jika dilakukan melalui pembelajaran pada KD di KI  3, sehingga kedudukan KD di KI 3 adalah menjadi sarana untuk mencapai keterampilan yang pada KD di KI 4.
Pembelajaran pada KD di KI 3 dan KI 4 dilakukan di dalam pembelajaran sehingga menghasilkan dampak pembelajaran (instructional effect). Sementara pada KD dari KI 1 dan KI 2 terkait dengan pembelajaran tidak langsung. Dengan demikian, melalui pembelajaran KD dari KI 3 dan KI 4 diharapkan dapat memberi dampak pada sikap dan perilaku peserta didk atau disebut sebagai dampak pengiring (nurturant effect)  dari pembelajaran. Dalam implementasi pembelajarannya KD dari KI 1, KI 2, KI 3, dan KI 4 kemudian diikat oleh materi pokok yang sama.
Pembelajaran pada mata pelajaran sejarah menggunakan pendekatan pembelajaran berbasis peserta didik aktif (active learning). Pendekatan pembelajaran ini lebih memungkinkan memberikan kesempatan bagi peserta didik untuk melakukan pembelajaran agar lebih memungkinkan memberikan kesempatan bagi peserta didik untuk melakukan pembelajaran agar lebih bermakna. Pembelajaran agar lebih bermakna jika peserta didik mengalami sendiri setiap proses pembelajaran melalui aktivitas yang aktif dan dapat menggunakannya sehari-hari. Pengetahuan peserta didik bukan berasal dari informasi guru namun berasal dari usaha eksplorasi informasi peserta didik sendri melalui aktivitas pembelajaran yang dilakukan.
Beberapa prinsip yang perlu diperhatikan dalam pembelajaran sejarah di SMA/MA adalah:
1.      Pembelajaran Sejarah didasarkan atas kesinambungan apa yang terjadi di masa lampau dengan kehidupan masa kini, antara peristiwa sejarah tingkat nasional dan tingkat lokal, dan pemahaman peristiwa sejarah di tingkat lokal berdasarkan keutuhan suatu peristiwa sejarah.
2.      Dalam mengembangkan pemahaman mengenai kesinambungan antara apa yang terjadi di masa lampau dengan kehidupan masa kini, dalam tugas untuk setiap periode sejarah peserta didik diarahkan agar mampu menemukan peninggalan fisik (terutama artefak) dan peninggalan abstrak (tradisi, pikiran, pandangan hidup, nilai, kebiasaan) di masyarakat yang diwarisi dari peristiwa sejarah pada suatu periode.
3.      Dalam mengembangkan keterkaitan antara peristiwa sejarah di tingkat nasional dan tingkat lokal, dalam tugas setiap peserta didik diarahkan untuk mengkaji peristiwa sejarah sejak masa pergerakan nasional, dan membuat analisis mengenai keterkaitan dan sumbangan peristiwa tersebut terhadap peristiwa yang terjadi di tingkat nasional.
4.      Mengembangkan proses pembelajaran dalam kemampuan keterampilah sejarah di semester awal sehingga peserta didik memahami konsep-konsep utama sejarah, menguasai keterampilah dasar sejarah, dan memantapkan penggunaan konsep utama dan keterampilan dasar ketika mereka mempelajari berbagai peristiwa sejarah di semester berikutnya.
5.      Setiap peristiwa sejarah di semester tiga dan seterusnya dapat dirancang sebagai kegiatan pembelajaran untuk satu semester dan bukan hanya merupakan kegiatan satu atau da pertemuan secara berurutan ntuk setiap satu pokok bahasan.
6.      Proses pembelajaran sejarah memberi kesempatan kepada peserta didik untuk menggunakan berbagai sumber seperti buku teks, buku referensi, dokumen, narasumber, atau pun artefak sera memberi kesempatan yang luas untuk menghasilkan “her or his own histories” Borries, 2000 dalam Anonim, 2013)
Pendekatan Ilmiiah mendorong peserta didik secara aktif membangun pengetahuannya sendiri melalui aktvitas ilmiah mulai dari kegiatan yang bersifat atau berbentuk: mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, menalar/mengasosiasi, dan mengomunikasikan.
Implementasi pendekatan ilmiah (scientific approach)  dengan menggunakan strategi dan metode yang mengaktifkan anak menjadi ciri pembeda Kurikulum 2013 dengan kurikulum sebelumnya. Diperlukan pendayagunaan sumberdaya yang dimiliki sekolah secara efektif agar guru dan peserta didik dapat melaksanakan kegiatan pembelajaran secara efektif.
B.    Model-Model yang Digunakan Dalam Pembelajaran Sejarah SMA berdasarkan Kurikulum 2013
Kehadiran penting mata pelajaran sejarah dalam kurikulum dilandasi pula oleh kemampuan konten mata pelajaran sejarah dalam mengembangkan berbagai potensi dasar peserta didik sebagai manusia. Wineburg(2001: 11 dalam Anonim, 2013) mengatakan “historical knowlede should serve as a bank of contemplating present problems” cerita sejarah sangat ilmunitatif tentang upaya manusia menjawab tantangan yang mereka hadapi dan media yang sangat baik untuk mengembangkan inspirasi, kreativitas, inisiatif, dan kemampuan berpikir antisipatif. Kemampuan sejarah sebagai media mata pelajaran dalam mengembangkan kemampuan-kemampuan tersebut disebabkan karena sejarah berhubungan dengan berbagai aspek kehidupan manusia di masa lampau yang terus berlanjut ke masa kini dan masa mendatang. Apa yang dilakukan manusia di masa lampau tersaji dalam mata pelajaran sejarah dan tidak dapat dilakukan oleh mata pelajaran lainnya.
Melihat alokasi waktu yang bertambah, pemanfaatan tersebut haruslah dimaksimalkan. Dengan adanya penambahan alokasi waktu tersebut memungkinkan untuk dilakukannya suatu pengembangan dalam metode, pendekatan, hingga model pembelajaran sebagai langkah dalam menciptakan pembelajaran Sejarah yang menarik, bervariasi, namun tetap bermakna. Adapun jika melihat aspek model pembelajaran, dalam Kurikulum 2013 standar proses yang semula terfokus pada eksplorasi, elaborasi, dan konfirmasi dilengkapi dengan mengamati, menanya, mengolah, menalar, menyajikan, menyimpulkan, dan mencipta, dengan demikian proses belajar tidak hanya terjadi di ruang kelas, tetapi juga di lingkungan sekolah dan masyarakat, dimana guru bukan satu-satunya sumber belajar dan sikap tidak diajarkan secara verbal, tetapi melalui contoh dan teladan dari pendidik maupun jajarannya, begitu pula dalam mata pelajaran Sejarah.
Model pembelajaran diartikan sebagai prosedur sistematis dalam mengorganisasikan pengalaman belajar untuk mencapai tujuan belajar. Model pembelajaran di dalamnya ada pendekatan, strategi atau metode pembelajaran dari yang sederhaana sampai metode yang agak kompleks dan rumit karena memerlukan kemampuan seorang guru dalam memilih model pembelajaran yang tepat bagi peserta didik. Karena itu dalam memilih model pembelajaran guru harus memperhatikan keadaan atau kondisi peserta didik, bahan pelajaran serta sumber-sumber belajar yang ada agar penggunaan model pembelajaran dapat diterapkan secara efektif dan efisien menunjang keberhasilan belajar peserta didik.
Seperti yang telah diuraikan sebelumnya, Kurikulum 2013 memperkenalkan pendekatan saintifik dengan menggunakan model-model pembelajaran yang relevan. Pemilihan model pembelajaran didasarkan atas analisis terhadap tuntutan KD, kegiatan pembelajaran dan penilaian yang telah dirumuskan pada silabus. Contoh pemilihan model pembelajaran dan penilaian dapat dilihat di Lampiran 2.
Banyak model pembelajaran yang dapat diterapkan dalam pembelajaran Sejarah. Sesuai dengan karakteristik Kurikulum 2013, minimal ada tiga model yang penting untuk dikembangkan dalam pembelajaran Sejarah.
1.      Model Pembelajarana Berbasis Masalah (Problem Based Learning)
      Model Pembelajaran Berbasis Masalah ini sangat mendukung implementasi Kurikulum 2013, terutama yang terkait dengan tahapan proses pembelajaran. Melalui kegiatan pembelajaran berbasis masalah ini peserta didik akan mendapat pengetahuan penting, yang membuat mereka mahir dalam memecahkan masalah, dan memiliki model belajar sendiri serta memiliki kecakapan berpartisipasi dalam tim.
      Pembelajaran berbasis masalah merupakan sebuah pendekatan dan juga model pembelajaran yang menyajikan masalah kontekstual sehingga merangsang peserta didik untuk belajar. Dalam kelas yang menerapkan pembelajaran berbasis masalah dunia nyata. Pembelajaran berbasis masalah merupakan suatu metode pembelajaran yang menantang para peserta didik untuk “belajar bagaimana belajar”, bekerja secara berkelompok untuk mencari solusi dari permasalahan dunia nyata.
2.      Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Poject Based Learning)
      Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) adalah model pembelajaran yang menggunakan proyek/kegiatan sebagai wahana. Peserta didik melakukan eksplorasi, penilaian tentang sumber sejarah, melakukan interpretasi, sintesis, dan informasi untuk menghasilkan berbagai bentuk hasil  belajar. Pembelajaran Berbasis Proyek adalah kegiatan pembelajaran dimana peserta didik memilih suatu peristiwa sejarah untuk dijadikan proyek studinya selama 1 bulan, beberapa bulan atau satu semester. Dalam pembelajaran ini peserta didik melakukan investigasi, membuat keputusan dan memberikan kesempatan untuk bekerja mandiri dan mengembangkan kreativitasnya.
      Pembelajaran Berbasis Proyek memberi kesempatan pada peserta didik untuk memilih peristiwa sejarah yang tercantum dalam satu semester dan mengerjakannya sebagai tugas proyek untuk semester tersebut. Peran guru dalam Pembelajaran Berbasis Proyek sebaiknya sebagai fasilitator, pelatih, pembimbing/penasehat dan perantara untuk mendapatkan hasil yang optimal sesuai dengan daya imajinasi, kreasi dan inovasi dari peserta didik.
3.      Model Discovery Learning
      Model Discovery Learning adalah teori belajar yang didefinisikan sebagai proses pembelajaran yang terjadi apabila peserta didik tidak disajikan dengan pelajaran dalam bentuk finalnya, tetapi diharapkan mengorganisasi sendiri. Sebagai strategi belajar, Discovery Learning mempunyai prinsip yang sama dengan inkuiri dan problem solving. Tidak ada perbedaan yang prisipil pada ketiga istilah ini. Pada pembelajaran discovey menekankan pada ditemukannya konsep atau prinsip atau generalisasi tetapi konsep, prinsip, atau generalisasi itu sudah diketahui atau direkayasa oleh guru, sementara kalau inkuiri masalahnya bukan hasil rekayasa, sehingga peserta didik harus mengerahkan seluruh pikiran dan keterampilannya untuk mendapatkan temuan-temuan di dalam masalah itu melalui proses penelitian.
Konsep pendekatan dalam kurikulum 2013 sebagai berikut:
1.      Kriteria
a.       Materi pembelajaran berbasis pada fakta atau fenomena yang dapat dijelaskan dengan logika atau penalaran tertentu; bukan sebatas kira-kira, khayalan, legenda, atau dongeng semata.
b.      Penjelasan guru, respon siswa, dan interaksi edukatif guru-siswa terbebas dari prasangka yang serta-merta, pemikiran subjektif, atau penalaran yang menyimpang dari alur berpikir logis.
c.       Mendorong dan menginspirasi siswa berpikir secara kritis, analistis, dan tepat dalam mengidentifikasi, memahami, memecahkan masalah, dan mengaplikasikan materi pembelajaran.
d.      Mendorong dan menginspirasi siswa mampu berpikir hipotetik dalam melihat perbedaan, kesamaan, dan tautan satu sama lain dari materi pembelajaran.
e.       Mendorong dan menginspirasi siswa mampu memahami, menerapkan, dan mengembangkan pola berpikir yang rasional dan objektif dalam merespon materi pembelajaran.
f.       .Berbasis pada konsep, teori, dan fakta empiris yang dapat dipertanggungjawabkan.
g.      Tujuan pembelajaran dirumuskan secara sederhana dan jelas, namun menarik sistem penyajiannya.
2.      Langkah-Langkah Pembelajaran
Proses pembelajaran menyentuh tiga ranah, yaitu: sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Hasil belajar melahirkan peserta didik yang produktif, kreatif, inovatif, dan afektif melalui penguatan sikap, keterampilan, dan pengetahuan yang terintegrasi.
a.       Ranah sikap menggamit transformasi substansi atau materi ajar agar peserta didik “tahu mengapa.
b.      Ranah keterampilan menggamit transformasi substansi atau materi ajar agar peserta didik “tahu bagaimana.
c.       Ranah pengetahuan menggamit transformasi substansi atau materi ajar agar peserta didik “tahu apa.
d.      Hasil akhirnya adalah peningkatan dan keseimbangan antara kemampuan untuk menjadi manusia yang baik (soft skills) dan manusia yang memiliki kecakapan dan pengetahuan untuk hidup secara layak (hard skills) dari peserta didik yang meliputi aspek kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan.
e.       Kurikulum 2013 menekankan pada dimensi pedagogik modern dalam pembelajaran, yaitu menggunakan pendekatan ilmiah.
f.       Pendekatan ilmiah (scientific appoach) dalam pembelajaran sebagaimana dimaksud meliputi mengamati, menanya, menalar, mencoba, membentuk jejaring untuk semua mata pelajaran.



C.     Penilaian Mata Pelajaran Sejarah di SMA dalam Kurikulum 2013
1.      Strategi Penilaian
Penilaian pendidikan sebagai proses pengumpulan dan pengolaha informasi untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik. Hasil penilaian digunakan untuk melakukan evaluasi terhadap keberhasilan peserta didik dalam mengikuti pembelajaran dan efektivitas proses pembelajaran serta untuk membuat keputusan tentang tingkat pencapaian kompetensi peserta didik.
Penilaian dilakukan secara holistik meliputi aspek sikap, pengetahuan dan keterampilan untuk setiap jenjang pendidikan.  Penilaian pendidikan merupakan suatu proses yang dilakukan melalui langkah-langkah perencanaan, penyusunan alat penilaian, pengumpulan informasi melalui sejumlah bukti yang menunjukkan pencapaian hasil belajar peserta didik, pengolahan dan penggunaan informasi tentang hasil belajar peserta didik. Penilaian dilaksanakan melalui berbagai teknik/cara, seperti penilaian unjuk kerja, penilaian tertulis atau lisan, penilaian proyek, penilaian produk, penilaian melalui kumpulan hasil kerja/karya peserta didik, dan penilaian diri.
2.      Bentuk Penilaian Sikap, Pengetahuan, dan Keterampilan
Penilaian mata pelajaran Sejarah seperti halnya mata pelajaran lain pada Kurikulum 2013 dilakukan melalui penilaian sikap, pengetahuan, dan keterampilan.
a.      Penilaian Sikap
Penilaian sikap berbentuk kebiasaan yang didasarkan pada nilai yang dimiliki peserta didik. Kebiasaan tersebut terlihat dalam perilaku peserta didik. Bentuk perilaku dinyatakan dalam ucapan, cara berpikir, cara bersikap, dan bertindak. Nilai-niai tersebut berkembang pada diri peserta didik dalam suatu proses internalisasi.



Hasil belajar afektif sebagai berikut:
Aspek Penilaian
Indikator Teramati
Instrumen
Pengetahuan tentang Nilai, Sikap, Perilaku
Ungkapan tertulis, ucapa lisan tentang pengertian mengenai nilai, sikap, dan perilaku
Tes, Tugas
Sikap



Ungkapan tertulis, ucapan lisan, mimik, tindakan
Tes Sikap Likert, Semantik, Diferensial, Observasi, Tugas
Perilaku
Kata yang diucapkan, cara kerja, cara berpikir, tindakan
Observasi tugas
Tabel1. Penilaian hasil belajar afektif (diambil dari Panduan Mata Pelajaran Sejarah Minat SMA)
Penilaian sikap ini dilakukan dengan berbagai cara, yaitu:
1)      Observasi
Merupakan teknik penilaian yang dilakukan secara berkesinambungan dengan menggunakan indera, baik secara langsung maupun tidak langsung dengan menggunakan format observasi yang berisi sejumlah indikator perilaku yang diamati. Hal ini dilakukan saat pembelajaran maupun di luar pembelajaran.
Contoh:
Tanggal : ..............................................Hari:.............................
Nama Peserta Didik
Perilaku yang Ditampilkan
Ahmad Baidawi *)

M. Khairullah

Yuli Restiani

Atun

Catatan berisikan situasi atau kondisi khusus (bukan yang terjadi sehari-hari) ketika suatu perilaku muncul.
*) Nama Pesert didik dapat diisi ketika pada hari/tanggal observasi, peserta didik yang bersangkutan menunjukkan perilaku teramati.
Tabel 3. Contoh form penilaian afektif (contoh tabel diambil dari Panduan Mata Pelajaran Sejarah Minat SMA)
2)      Penilaian Diri
Merupakan teknik penilaian dengan cara meminta peserta didik untuk mengemukakan kelebihan dan kekurangan dirinya dalam konteks pencapaian kompetensi. Instrumen yang digunakan berupa lembar penilaian diri.
Penilaian ini dilakukan oleh peserta didik, guru menyediakan format seperti contoh berikut ini;
Nama        :
Kelas        :
Semester   :
Waktu Penilaian   :
No
Pernyataan
Ya
Tidak
1
Saya berusaha belajar dengan sungguh-sungguh


2
Saya mengikuti pembelajaran dengan penuh perhatian


3
Saya mengerjakan tugas yang diberikan guru tepat waktu


4
Saya mengajukan pertanyaan jika ada yang tidak dipahami


5
Saya berperan aktif dalam kelompok


6
Saya menyerahkan tugas tepat waktu


7
Saya selalu membuat catatan hal-hal yang saya lakukan


8
Saya merasa menguasai dan dapat mengikuti


9
Saya menghormati dan menghargai orang tua


10
Saya menghormati dan menghargai teman


11
Saya menghormati dan menghargai guru


Tabel 4. Form penilaian diri siswa (diambil dari Panduan Mata Pelajaran Sejarah Minat SMA)
Keterangan:
1.      Penilaian persepsi diri siswa untuk mencocokkan persepsi diri siswa dengan kenyataan yang ada.
2.      Hasil penilaian diri siswa digunakan sebagai dasar guru untuk melakukan bimbingan dan motivasi lebih lanjut.
3.      Pelaksanaan dilaksanakan mulai kelas awal.
3)      Penilaian Antarteman
Merupakan teknik penilaian dengan cara meminta peserta didik untuk saling menilaia terkait dengan sikap dan perilaku keseharian peserta didik. Instrumen yang digunakan berupa lembar penilaian antarpeserta didik.
Contoh form penilaian antarteman:
Nama teman yang dinilai :
Nama Penilaia                  :
Kelas                                :
Semester                           :
Waktu Penilaian               :
No
Pernyataan
Ya
Tidak
1
Berusaha belajar dengan sungguh-sungguh


2
Mengikuti pembelajaran dengan penuh perhatian


3
Mengerjakan tugas yang diberika guru tepat waktu


4
Mengajukan pertanyaan jika ada yang tidak memahami


5
Berperan aktif dalam kelompok


6
Menyerahkan tugas tepat waktu


7
Selal membuat catatan hal-hal yang dilakukan


8
Menguasai dan dapat mengikuti kegiatan pembelajaran dengan baik


9
Menghormati dan menghargai teman


10
Menghormati dan menghargai guru


Tabel 5. Form Penilaian Antarteman (diambil dari Panduan Mata Pelajaran Sejarah Minat SMA)
Keterangan:
1        Penilaian antarateman digunakan untuk mencocokkan persepsi diri peserta didik dengan persepsi temannya serta kenyataan yang ada
2        Hasil penilaian antarteman digunakan sebagai dasar guru melakukan bimbingan dan motivasi lebih lanjut
3        Penilaian dilaksanakan mulai awal kelas.
4)      Jurnal/catatan guru
Merupakan catatan pendidik di dalam dan di luar kelas yang berisi informasi hasil pengamatan tentang kekuatan dan kelemahan peserta didik yang berkaitan dengan sikap dan perilaku. Jurnal bisa dikatakan sebagai catatan yang berkesinambungan dari hasil observasi.
b.      Penilaian Pengetahuan
Pengetahuan adalah hasil yang diperoleh dari kegiatan mengingat, refleksi, deduksi, dan induksi (penelitian). Pengetahuan diperlukan untuk mengembangkan kemapuan kognitif, keterampilan psikomotorik, dan internalisasi nilai serta kebiasaan dalam ranah afektif. Pengetahuan yang dihasilkan kemampuan kognitif dapat berupa pengetahuan hafalan dan dapat pula berupa pengetahuan yang digunakan (working knowledge). Pengetahuan berupa hafalan hanya memerlukan kemampuan kognitif pada tingkat mengingat. Pengetahuan yang dapat digunakan memerlukan pengetahuan kognitif pada tingkat memahami.
           Pengetahaun berupa hafalan adalah pengetahuan yang disimpan dalam ingatan peserta didik tanpa ada perubahan dari aslinya, dan hanya dapat menjawab pertanyaan berupa hafalan pula. Pengetahuan yang digunakan juga untuk mengembangkan kemampuan kognitif pada tingkat memahami, mengaplikasi, menganalisis, mengevaluasi, dan menghasilkan sesuatu yang batu akan dimiliki peserta didik melalui pengembangan kemampuan berpikir dan kemampuan belajar. Pengetahuan yang digunakan untuk mengembangkan keterampilan psikomotorik dan kemampuan afektif.
Penilaian pengetahuan dapat dilakukan melalaui :
1)      Tes tertulis
2)      Tes lisan
3)      Penugasan
c.       Penilaian Keterampilan
Penilaian keterampilan ditandai oleh gerakan fisik ketika berkenaan dengan suatu tindakan atau pekerjaan tertentu. Orang akan melihat hasil penilaian keterampilan secara kasat mata berupa gerakan atau tindakan tertentu seseorang terhadap suatu objek. Dari tindakan atau gerkan tersebut akan diketahui apakah seseorang telah memiliki hasil belajar yang memenuhi kriteria atau standar yang ditentukan.
Penilaian keterampilan dapat dilakukan melalui:
1)      Praktik (membuat peta, wawancara, penelitian sederhana)
2)      Penilaian proyek
Proyek adalah tugas belajar yang meliputi kegiatan perancangan, pelaksanaan, dan pelaporan secara tertulis maupun lisan dalam waktu tertentu. penilaian proyek merupakan kegiatn penilaian terhadap suatu tugas yang harus diselesaikan dalam periode atau waktu tertentu. Tugas tersebut berupa investigasi sejak perencanaan, pengumpulan, pengorganisasian, pengolahan dan penyajian data.
Penilaian proyek dapat digunakan untuk mengetahui pemahama, kemampuan mengaplikasikan, penyelidikan dan menginformasikan peserta didik pada mata pelajaran dan indikator/topik tertentu secara jelas.
3)      Penilaian portofolio
Adalah penilaian yang dilakukan dengan cara menilai peserta didik yang dilakukan secara berkelanjutan dan didasarkan atas kumpulan informasi perkembangan kemampuan peserta didik dalam satu periode tertentu
3.      Pelaporan Hasil Penilaian Pembelajaran
Berdasarkan Permendikbud tentang penilaian laporan hasil penilaian dilakukan oleh pendidik, satuan pendidikan dan pemerintah. Laporan oleh pendidik berbentuk nilai dan deskripsi pencapaian kompetensi untuk hasil penilaian pengetahuan dan keterampilan. Sedangkan  untuk penilaian sikap dilaporkan dalam bentuk deskripsi sikap. Laporan disampaiakan kepada kepala sekolah, serta pihak terkait. Laporan penilaian sikap spiritual dan sosial disampaikan secara periodik oleh wali kelas/guru kelas sebagai akumulasi dari laporan seluruh guru mata pelajaran dalam bentuk deskripsi kompetensi.
Satuan pendidikan melaporkan hasil pembelajaran/pencapaian kompetensi kepada orang tua/wali peserta didik dalam bentuk buku rapor. Selain itu laporan juga disampaikan kepada dinas pendidikan dan instansi lain yang terkait. Pelaporan hasil penilaian dijadikan pertimbangan dalam melakukan tindak lanjut, sebagai titik awal perbaikan program pembelajaran, peningkatan kinerja peserta didik, remedial dan pengayaan.















BAB III
PENUTUP
A.    Kesimpulan
Jiwa kurikulum 2013 diyakini memiliki posisi yang kokoh untuk mengantar generasi Indonesia sebagai generasi emas pada tahun 2045 mendatang. Implementasi  Kurikulum  2013 menggunakan pendekatan scientific yang menjadi salah satu perubahan dan komponen penting dalam proses pembelajaran Kurikulum 2013. Pendekatan ini mempunyai tahapan-tahapan yang dimulai dari mengamati, menanya, mencoba, menalar, dan mengembangkan jejaring atau komunikasi.
Banyaknya alokasi waktu yang disediakan untuk mata pelajaran sejarah menjadikan guru sejarah mengajar dua kali lipat lebih banyak dari guru mata pelajaran lain. Selain mata pelajaran Sejarah wajib yang bernama Sejarah Indonesia juga ada mata pelajaran Sejarah Peminatan dimana peserta didik dibebaskan memilih materi yang ingin didalami.
Tiga contoh model yang dapat diterapakn dalam pembelajaran sejarah berdasarkan pendekatan saintifik adalah :
1.      Discovery Learning
2.      Problem Based Learning
3.      Project Based Learning
Penilaian mata pelajaran Sejarah seperti halnya mata pelajaran lain pada Kurikulum 2013 dilakukan melalui penilaian sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Pada penilaian Sikap berbentuk kebiasaan yang didasarkan pada nilai yang dimiliki peserta didik. Kebiasaan tersebut terlihat dalam perilaku peserta didik. Penilaian dilakukan dengan cara memberikan form kepada peserta didik sendiri yang mengamati persepsi diri sendiri dan antarteman. Selain itu juga ada jurnal guru yang mencatat kejadian-kejadian tertentu yang dialami peserta didik.
Penilaian pengetahuan dilakukan dengan memberikan berbagai tes : tertulis, lisan, dan penugasan. Untuk menilai keterampilan yang dimiliki peserta didik, dilakukan dengan menilai kegiatan praktik, proyek, dan portofolio.
Pembuatan laporan dibuat dalam bentuk rapor dan dilaporkan kepada kepala sekolah, wali, dan seluruh instansi terkait.



DAFTAR PUSTAKA

Sumber Buku
Ahmadi, Abu dan Uhbiyati, Nur. 2001. Ilmu Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Anonim, 2013. Panduan Mata Pelajaran Sejarah Minat SMA.
Fathurrohman,Muhammad. 2015. Paradigma Pembelajaran Kurikulum 2013. Yogyakarta: Kalimedia
Hasbullah. 2012. Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan (Edisi Revisi). Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Idi, Abdullah. 2014. Pengembangan Kurikulum,Teori dan Praktik. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Nuh, Muhammad. 2013. Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: RajaGrafindo Persada.
Susanto, Heri. 2014. Seputar Pembelajaran Sejarah: Isu, gagasan, dan Strategi Pembelajaran Sejarah. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Sumber Internet:      
Priyo, Endar. 2013. http://catatan-gurusejarah.blogspot.co.id/2013/01/pelajaran-sejarah-sma-dalam-kurikulum.html diakses minggu, 6 Maret 2016 Pukul 15.11 WITA



LAMPIRAN

Lampiran 1
NO
KOMPETENSI INTI KELAS X
KOMPETENSI INTI KELAS XI
KOMPETENSI INTI KELAS XII
1
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang diianutnya
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang diianutnya
2
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
 Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3
Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memcahakn masalah.
Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memcahakn masalah.
Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memcahakn masalah.
4
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
Tabel. 1 Kompetensi Inti pada SMA/MA (Diambil dari Panduan Materi Pelajaran Sejarah Minat SMA)





Lampiran 2
Kompetensi Dasar
Penilaian
Analisis Materi
Model Pembelajaran
a.       Menganalisis keterkaitan konsep hidup dalam ruang dan waktu
b.       Menganalisis konsep manusia hdup dalam perubahan berkelanjutan
c.        Menganalisis keterkaitan peristiwa sejarah tentang manusia di masa lampau untuk kehidupan
Membuat hasil kajian dalam bentuk tulisan tentang aktivitas manudia yang terbatas dalam ruang dan waktu dalam kesinambungan dan perubahan serta pengaruhnya terhadap kehidupan manusia masa kini peserta didik
·         Manusia hidup dan berkreatifitas dalam ruang dan waktu
·         Manusia hidup dalam perubahan dan berkelanjutan
·         Kehidupan manusa masa kini merupakan akibat dari perubahan masa lampau
Discovery/Inquiri
3.4 menganalisis Ilmu Sejarah
Mengumpulkan informasi dan data terkait dengan pertanyaan mengenai sejarah sebagai ilmu dari sumber tertuli dan atau internet, serta sumber lainny
·         Sejarah sebagai ilmu
Berbasis Proyek
3.5 Menganalisis cara berpikir Sejaha dalam mempelajari peristiwa sejarah
Mengajukan pertanyaan untuk memperdalam pemahaman mengenai pengertian berpikir sejarah Diakronik, Sinkronik, Kausalita, Interpretasi dan periodesasi sejarah serta contoh-contoh penerapannya dalam tulisan, buku dan sumber lainnya
Berpikir Sejarah:
·         Diakronik
·         Sinkoronik
·         Kausalita
·         Interpretasi
·         Periodesasi
Problem Based Learning
3.6 menganalisis berbagai bentuk atau jenis sumber
Mengumpulkan data berdasarkan bacaan atau referensi yang tersedia terkait tentang pengertian, sifat, jenis dan kedudukan sumber dalam ilmu sejarah
Pengertian sifat, jenis, dan kedudukan sumber dalam ilmu sejarah.
Discovery/Inkuiri
3.7 Menganalis keterkaitan dan menerapkan langkah-langkah penelitian sejara terhadap berbagai peristiwa

Menyajikan laporan hasil penelitian sejarah secara sederhana dalam bentuk tulisan mengenai salah satu peristiwa sejarah baik nasional maupun lokal
Langkah-langkah penelitian sejarah (bertanya, menentukan, mencari sumber, kritik sumber, validasi, informasi, interpretasi)
Project Based Learning
3.8 menganalis keterkaitan perbedaan ciri-ciri dari historiografi tradisional kolonial dan modern
Menanya untuk mendapatkan klarifikasi dan pendalaman  pemahaman tentang pengertian historiografi tradisional kolonial dan modern
Historiografi:
·         Historiografi tradisional
·         Historiografi kolonial
·         Historiografi modern
Project Based Learning

Tabel 2. Contoh Pemilihan Model Pembelajaran Sejarah (Diambil dari Panduan Materi Pelajaran Sejarah Minat SMA)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rangkuman Buku DASAR-DASAR EVALUASI PENDIDIKAN edisi 2 Prof. Dr. Suharsimi Arikunto BAB I- IV

BAB I PENDAHULUAN 1.       Pengertian Pengukuran, Penilaian, dan Evaluasi Evaluasi, Pengukuran, dan Penilaian merupakan tiga istilah yang berbeda meski sering diartikan sama tergantung saat penggunaannya. a.        Mengukur (measurement) adalah membandingkan sesuatu dengan satu ukuran. Pengukuran bersifat kuantitatif. Ukuran sendiri mempunyai dua macam, yakni ukuran yang terstandar (seperti meter, kilogram, dsb. ) dan ukuran tidak terstandar (depa, jengkal, langkah, dsb.) b.        Menilai (evaluation) adalah mengambil suatu keputusan terhadap sesuatu dengan ukuran baik buruk. Penilaian bersifat kualitatif. Penilaian dilakukan setelah mengukur. c.        Evaluasi meliputi dua langkah di atas, yakni mengukur dan menilai. 2.       Penilaian Pendidikan Evaluasi adalahh proses pengumpulan data untuk menentukan sejauh mana, dalam hal ...

naskah drama kelas XI smk pasawahan oleh nurdhianti

w   Ringkasan Cerita : Permasalahan di dunia pendidikan seringkali terjadi tanpa kita sadari, atau mungkin kita menyadarinya namun kita ( pendidik maupun yang dididik) tidak mampu  mengendalikannya. Dimulai dari hal-hal kecil seperti peraturan yang tidak sesuai dengan siswa, hubungan antar murid dengan teman sebaya, murid dengan guru, maupun guru dengan murid. Sekolah adalah tempat untuk mengembangkan karakter murid, karena sekolah adalah  rumah kedua setelah rumah orang tua. Enam hari dalam seminggu, kita selalu berada di lingkungan sekolah. Berinteraksi dengan teman sekelas, dengan guru yang mengajar adalah makanan sehari-hari untuk menentukan bagaimana cara kita menghadapi orang lain, entah itu yang tua, ataupun sepantaran. Sekolah bisa diumpamakan dengan laboratorium hidup tempat melakukan berbagai eksperimen kehidupan. Banyak masalah-masalah yang cara menyikapinya adalah embrio dari karakter kita.  Drama ini mengisahkan tentang berbagai permasalahan umum yang t...

RESENSI BUKU “SEJARAH TIMUR TENGAH (ASIA BARAT DAYA)”

Oleh Siti Nurdianti Judul Buku                : Sejarah Timur Tengah  (Asia Barat Daya) Penulis                        : Yusliani Noor Penerbit                      : Ombak Kota Terbit                : Yogyakarta Tahun Terbit             : 2014 Tebal                          :xii+437 halaman Harga                         : Rp....